Berita

    Tips Menghadapi Rem Mobil Blong dengan Tenang

    Permasalahan rem blong pada mobil bisa saja muncul akibat kurangnya melakukan perawatan terhadap komponen satu ini. Tentu hal ini harus Anda hindari untuk mencegah risiko kecelakaan lalu lintas akibat rem mobil blong.

    Seperti yang diketahui, rem yang blong merupakan kondisi dimana rem pada mobil tidak dapat berfungsi sama sekali. Akibatnya, mobil tidak bisa berhenti dan bisa menyebabkan kecelakaan di jalan.

    Penyebab Mobil Mengalami Rem Blong

    Penyebab rem pada mobil mengalami blong bisa diakibatkan beberapa faktor. Apa saja itu? Ketahui lewat poin-poin dan penjelasan ringkas di bawah ini!

    • Permasalahan Minyak Rem

    Masalah umum yang bisa menyebabkan rem mengalami blong terdapat dari minyak rem yang digunakan. Misalnya, Anda menggunakan kualitas minyak rem yang buruk sehingga mempengaruhi sistem pengereman pada kendaraan.

    Selain itu, kurangnya takaran minyak rem yang berkurang juga bisa mempengaruhi sistem pengereman tidak bekerja secara maksimal. Sehingga, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terkait masalah penggunaan minyak rem.

    • Pengaruh Uap Air

    Uap air disebabkan terdapat udara yang masuk ke dalam sistem pengereman. Munculnya uap air ini lah yang dapat menyebabkan rem kendaraan menjadi blong apabila dibiarkan secara terus menerus.

    Pengaruh uap air dapat menimbulkan gangguan di sistem pengereman mobil. Dimana sistem rem ini akan menurun dan tidak dapat berfungsi secara maksimal.

    • Terlalu Lama Injak Pedal Rem

    Saat mengerem, usahakan tidak menginjak pedal terlalu lama. Kebiasaan menginjak pedal rem terlalu lama justru akan menyebabkan rem blong akibat gaya gesek antara kaki dan pedal.

    Gesekan secara terus menerus ini membuat kaliper semakin panas dalam rentang waktu cukup lama. Suhu kaliper yang terus memanas akan menyebabkan rem mengalami masalah seperti blong.

    • Kurang Perawatan

    Kurangnya perawatan terhadap rem mobil juga berpengaruh besar terhadap penyebab kendaraan blong. Oleh sebab itu, merawat performa sistem pengereman ini tidak boleh terlewatkan sama sekali.

    Penting sekali untuk mengecek kualitas rem secara rutin ke bengkel terdekat. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mendeteksi masalah lebih awal untuk segera melakukan perbaikan.

    Tips Menghadapi Mobil Rem Blong

    Jika mobil Anda sudah terlanjur mengalami rem yang blong, tentu hal ini harus Anda hadapi dengan tenang. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat rem mobil blong.

    • Turunkan Gigi Mobil Secara Bertahap