Berita

    Ciri-ciri Power Steering Mobil Mulai Rusak

    Power Steering adalah sistem pada kemudi mobil yang berfungsi untuk mengendalikan roda kendaraan dengan mudah. Tentu komponen ini memiliki peran yang sangat penting terhadap laju kendaraan selama di perjalanan.

    Namun di beberapa kondisi, penggunaan kemudi daya ini bisa mengalami beberapa masalah yang bisa mengganggu kenyamanan Anda. Yuk, kenali apa saja tanda-tanda komponen ini bermasalah!

    Ciri-ciri Power Steering Mulai Rusak

    Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menandakan steering mobil mulai rusak. Berikut beberapa tanda yang bisa Anda kendali pada kerusakan kemudi daya mobil!

    • Arah Setir Tidak Lurus

    Pernahkah Anda merasa arah setir mobil menjadi tidak lurus? Ini bisa menjadi tanda kerusakan yang sangat mengganggu pengemudi saat mengemudikan mobil di jalan raya.

    Kondisi setir yang tidak presisi ini tentu harus segera diatasi agar Anda bisa kembali berkendaraan dengan nyaman. Caranya bisa dilakukan dengan pengecekan rutin dan perbaikan ke bengkel terpercaya.

    • Setir Terasa Berat

    Gejala pertama yang umum dirasakan yaitu Anda merasa berat ketika mengendalikan setir mobil saat dibelokkan. Sensasi berat ini membuat Anda harus lebih mempergunakan tenaga untuk menggerakkan setir, terutama saat melakukan manuver seperti parkir atau berbelok.

    arah stir beratFreepik.com

    Penyebab dari gejala setir berat ini dapat bervariasi, namun salah satu faktor yang umum adalah kurangnya minyak pada sistem power steering yang ada di tabung reservoir. Kurangnya cairan ini dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan antara komponen-komponen dalam sistem, sehingga menghasilkan perlawanan yang lebih besar saat Anda mencoba untuk menggerakkan setir.

    Selain itu, gejala setir berat juga dapat disebabkan oleh adanya kebocoran pada selang atau komponen lain dari sistem power steering mobil. Kebocoran ini dapat mengakibatkan kehilangan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk membantu Anda dalam mengendalikan setir dengan mudah. Oleh karena itu, penting untuk segera memeriksa dan menangani masalah ini agar tidak berujung pada kerusakan yang lebih serius pada sistem power steering mobil Anda.

    • Suara Mesin Berdecit

    Saat membelokkan kemudi, power steering yang rusak akan menghasilkan suara aneh seperti bunyi berdecit. Tanda ini bisa menjadi kondisi kerusakannya sudah cukup parah. Bunyi ini juga bisa menunjukkan adanya komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau kebocoran pada sistem setir mobil.

    • Kehilangan Cairan

    Cairan pada komponen setir ini merupakan elemen penting untuk menjaga kinerja sistem dapat bekerja dengan baik. Tumpahan cairan di bawah mobil bisa menandakan adanya kebocoran pada sistem ini. Pada beberapa kasus, ini juga menyebabkan kerusakan fatal seperti setir sulit dikendalikan.

    • Setir Terasa Bergetar

    Masalah seperti setir bergetar bisa disebabkan karena komponen yang aus atau kerusakan pada bagian peredam sistem setir. Hal ini tentu dapat mengurangi kenyamanan saat mengemudi. Kondisi setir yang bergetar juga bisa mengganggu kestabilan laju kendaraan secara optimal.

    • Fungsi Power Assist Hilang

    Power assist adalah fitur pada kemudi daya mobil yang dapat memberikan bantuan ekstra saat mengendalikan kemudi. Jika fungsi ini hilang, maka setir mobil akan sulit dikendalikan dan dibelokkan. Kerusakan yang cukup parah juga bisa membuat posisi setir sulit kembali ke posisi semula.

    • Kinerja Roda Kendaraan Lambat

    Saat setir diputar, maka roda secara otomatis akan bergerak menuju arah yang diinginkan. Namun jika Anda mendapati respon roda lebih lambar, ini bisa menunjukkan pompa pada setir mengalami kerusakan.