Berita

    Memahami Blind Spot pada Mobil: Tips Menghindari Kecelakaan

    Mungkin Anda kerap mendengar istilah blind spot. Istilah ini merupakan sebutan untuk beberapa titik area di sekitar mobil yang tidak dapat terdeteksi oleh pengemudi. Area ini menjadi lebih rawan akan terjadinya kecelakaan dikarenakan jarak pandang yang minim. 

    Itu mengapa setiap pengemudi perlu mengetahui dimana saja letak titik-titik berbahaya tersebut, dan bagaimana cara untuk menghindarinya agar risiko kecelakaan dapat dihindari. Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut ini hingga selesai!

    5 Titik Blind Spot pada Mobil

    Umumnya, terdapat beberapa titik yang cukup berbahaya saat berkendara karena jarak pandang yang terbatas. Berikut beberapa titiknya:

    • Bagian Sisi Kanan Belakang

    Kaca spion bagian kanan memang seringkali tidak dapat menangkap seluruh bagian jalan terutama jika Anda mengemudi mobil dengan ukuran yang besar. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda pada saat hendak berpindah jalur ke sebelah kanan atau mungkin pada saat adanya kendaraan lain yang akan menyalip. 

    • Bagian Sisi Kiri Belakang 

    Sekalipun sisi satu ini lebih mudah untuk dilihat, namun potensi untuk menjadi area tidak terlihat pun dapat meningkat bahkan dapat menjadi berbahaya. Terutama jika Anda hendak berpindah jalur ke sebelah kiri.     

    • Bagian Depan Kap Mobil 

    Area satu ini juga berpotensi menjadi area yang tidak terlihat. Terutama jika mobil Anda memiliki kap yang lebih panjang atau lebih tinggi. Pada titik inilah terkadang pengemudi tidak dapat melihat objek lain di depannya yang bisa saja berbahaya pada saat berkendara. 

    • Bagian Kaca Belakang 

    Apabila Anda memiliki cukup banyak barang di area bagasi atau kabin, ini tentu akan menghalangi ruang penglihatan Anda ke arah belakang. Anda akan mengalami kesulitan untuk dapat melihat objek yang mendekat dari arah belakang. 

    • Bagian Sudut-Sudut Mobil 

    Area-area ini mencakup bagian-bagian di sekitar bumper dan juga roda mobil. Ini akan menjadi sumber maslah bagi Anda terutama ketika hendak parkir atau bergerak dalam kecepatan yang rendah dan di tempat yang padat  atau ramai.