Berita

    Ternyata, Seperti Ini Cara Mengecas Aki Mobil Yang Tepat

    Saat accu atau aki sudah mulai melemah, biasanya pemilik mobil perlu tahu cara mengecas aki mobil dengan tepat. Pada umumnya, aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan sebelum dan ketika berkendara. Dikarenakan aki mobil merupakan bagian krusial yang tentu dimiliki oleh setiap kendaraan. Seperti komponen penting lainnya, aki juga membutuhkan perawatan intens agar kinerja mobil tetap stabil. Komponen aki ini tentu harus dirawat dengan baik, salah satu caranya adalah dengan cas aki dengan rutin. 

    Tujuan dari pengecasan adalah untuk mengembalikan tegangan aki seperti semula. Oleh karena itu, agar kondisi aki mobil bisa kembali ke keadaan semula perlu dilakukan charging. Yuk simak cara ngecas aki yang tepat berikut ini.

    Cara Mengecas Aki Mobil Yang Tepat

    Melakukan pengecasan  aki mobil sebenarnya tak bisa sembarangan agar tidak merusak aki. Hasilnya jika salah dalam mengisi daya aki akan menurunkan kemampuan aki tersebut. Berikut ini cara mengecas aki mobil yang tepat.

    1. Melepaskan Aki Dari Mobil

    Langkah awal yang harus segera dilakukan sebelum ngecas adalah dengan melepaskan dan mengeluarkan aki dari dalam mesin mobil. Saat ingin melepas aki, anda harus berhati-hati dikarenakan beberapa jenis mobil tertentu memerlukan reset ECU. Dengan melepaskan aki sebelum melakukan charging bertujuan untuk menjaga keamanan saat proses mengecas berlangsung. Pada saat mengecas aki, biasanya akan muncul air aki yang mendidih sehingga membuat gelembung yang bisa masuk ke lubang ventilasi aki. Apabila air aki ini mengenai bodi mobil maka akan sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan korosi. Namun, jika air aki tersebut mengenai kulit, maka akan bisa menimbulkan rasa gatal. Oleh sebab itu, lakukan pelepasan aki mobil sebelum mengecas aki agar keamanan dalam mengaplikasikan cara mengecas aki mobil terjaga.

            2. Bukalah Tutup Aki Dengan Tepat

    Selanjutnya, setelah aki mobil berhasil dikeluarkan, langkah kedua yaitu dengan membuka tutup ventilasi pada aki yang bertujuan untuk memeriksa ketinggian air aki sebelum dilakukan pengecasan. Apabila air yang terdapat didalamnya kurang, maka anda bisa menambahkannya dengan air suling atau air aki yang memiliki kemasan botol biru. Tambahkan air hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian air.

    Dengan kata lain, saat air akumulator tersebut dicas biasanya akan mengakibatkan elemen dan selnya mengembang. Hal ini akan menyebabkan volume air tersebut bertambah secara keseluruhan. Umumnya, setelah di cas aki akan memiliki level ketinggian yang sama dengan batas maksimum pada bodi aki.