Berita

    Mengenal Gasket Mobil Beserta Fungsi dan Jenisnya

    Pada kendaraan roda empat, salah satu komponen penting yang harus ada adalah gasket mobil. Komponen kecil ini tidak bisa dianggap sepele karena memiliki fungsi yang penting. Untuk itu mari simak penjelasan di bawah mengenai komponen ini .

    Pengertian Gasket Mobil

    Gasket dapat ditemukan pada mesin yang melakukan proses pembakaran internal. Cairan pendingin yang berfungsi mendinginkan dan oli yang berfungsi untuk melumasi dapat tersebar menuju seluruh mesin jika proses pembakaran internal tersebut terjadi.

    Fungsi gasket mobil adalah sebagai perekat antara dua komponen agar dapat mencegah kebocoran dari hasil pembakaran tadi. Komponen ini juga terdapat pada ruang bakar pada mesin mobil sehingga dapat  membuang gas berbahaya menuju sistem pembuangan.

    Gasket harus dibuat dengan bahan anti panas agar dapat berfungsi dengan efektif. Sebagian besar gasket dapat digunakan pada flange yang berfungsi untuk menyambung beberapa bagian mobil.

    Fungsi Gasket Mobil

    Gasket adalah komponen penting yang memiliki beberapa fungsi. Anda dapat melihatnya melalui penjelasan berikut ini.

    • Sebagai Perekat untuk Menghindari Terjadinya Kebocoran

    Gasket dapat digunakan untuk merekatkan dua komponen misalnya antara blok mesin dan kepala silinder yang kemudian dikunci dengan baut. Hal tersebut dapat menahan oli untuk tidak pergi ke ruang bakar dan dapat memaksimalkan proses kompresi.

    • Meneruskan Panas

    Sebagian besar gasket dibuat dari bahan yang terbuat dari logam. Hal ini dimaksudkan agar panas dapat diteruskan dari blok mesin menuju kepala silinder.

    • Menopang Tekanan

    Blok mesin dilengkapi dengan kepala silinder. Gasket inilah juga dapat menopang tekanan agar tidak bisa masuk ke bagian celah blok.

    Jenis Gasket Mobil

    Gasket memiliki jenis yang berbeda-beda berdasarkan bahan pembuatnya. Anda dapat melihat penjelasannya berikut ini.

    • Kertas

    Gasket ini sangat murah dan dapat digunakan untuk menahan oli, minyak dan air. Fungsinya dapat dimaksimalkan jika ditambahkan lilin.

    • Kertas yang Dilengkapi dengan Pernis

    Gasket ini setingkat lebih bagus fungsinya daripada gasket berbahan kertas tanpa pernis. Namun, jangan biarkan gasket ini retak karena dapat mengurangi keefektifannya.

    • Gabus