Berita

    Ketahui Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil

    Penggantian kampas rem tromol belakang mobil memang perlu dilakukan secara berkala. Komponen ini akan membantu kinerja rem tetap optimal sehingga mobil dapat dipakai berkendara dengan aman.

    Rem tromol merupakan jenis rem yang umumnya dijumpai di mobil-mobil keluaran lama. Namun bukan berarti fungsinya kurang optimal. Rem tromol tetap menjadi jenis rem yang efektif digunakan dan bisa mendukung performa mobil.

    Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil

    Demi mendapatkan performa rem yang optimal, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah mengganti kampas rem tromol secara berkala. Berikut ini cara mengganti kampas rem tromol bagian belakang mobil Anda:

    • Lepaskan Ban Belakang

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan ban belakang. Anda bisa mulai dengan mengendurkan mur bagian roda. Setelah itu gunakan dongkrak untuk mengangkat bodi mobil.

    Anda bisa menyediakan balok kayu atau bisa juga jack stand untuk mempertahankan posisi mobil agar tetap di atas. Hal ini penting untuk dilakukan demi mempermudah proses penggantian kampas rem tromol. 

    • Lepaskan Bagian Rem

    Jika ban sudah selesai dilepas, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melepas bagian rem. Silakan lepaskan drum dari rem tromol. Di sana Anda akan menemukan beberapa bagian seperti pegas, sepatu rem, dan silinder roda. 

    Setelah melepas drum dari rem tromol tadi, ada baiknya Anda membersihkan komponen-komponen yang ada di sana. Anda bisa melepas pegas penahan sepatu rem memakai tang. 

    • Pasang Kampas Rem Baru

    Selanjutnya Anda bisa segera memasang kampas rem tromol belakang mobil yang baru. Tentu Anda harus membersihkan plat penahan bagian belakang dari rem tromol terlebih dahulu. 

    Jangan lupa, bagian tersebut juga harus dilubrikasi. Setelah itu Anda bisa memasang lagi semua jenis komponen yang sebelumnya sudah dibongkar. Silakan pasang sepatu rem yang baru kemudian kaitkan lagi pegas rem. 

    • Lakukan Pengaturan Rem

    Langkah berikutnya adalah mengatur rem sampai kampas rem mengembang. Anda bisa menyetel rem memakai bantuan obeng. Pastikan Anda memperluas sepatu rem sampai tidak bisa diputar lagi tanpa bantuan alat apapun. 

    Setelah itu Anda bisa langsung memasang kembali penutup dari bagian unit rem tromol. Sampai di sini, kampas rem tromol sudah selesai diganti dengan yang baru. 

    • Kembalikan Ban