Berita

    Cara Mengganti Wiper Mobil dengan Aman

    Sama seperti komponen mobil lainnya, wiper (penyeka kaca mobil) juga bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik. Perawatannya sebenarnya mudah tapi orang-orang sering mengabaikannya. Penyeka kaca mobil yang rusak harus segera diganti dengan yang baru.

    Supaya Anda tetap aman saat berkendara pada musim hujan. Karena kerusakan pada penyeka kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang saat menyetir. Sehingga bisa berisiko menimbulkan kecelakaan karena tidak bisa melihat area depan mobil dengan jelas.

    Cara Mengganti Wiper Mobil yang Tepat

    Walaupun terlihat mudah, mengganti penyeka kaca mobil harus dilakukan dengan hati-hati. Agar penyeka kaca yang baru tidak ikut rusak saat dipasang. Karena jika dilakukan dengan kasar dan asal-asalan bisa membuat rangka besinya bengkok.

    Supaya hal tersebut tidak terjadi sebaiknya ikut tips memasang penyeka kaca mobil berikut ini.

    • Siapkan Perlengkapannya

    Selain menyiapkan kunci pas dan lap bersih, siapkan juga penyeka kaca mobil yang baru. Tapi ingat jangan asal membeli karena tidak semua produk cocok dengan mobil Anda.

    Jadi sebelum membelinya pastikan dulu tipe penyeka kaca apa yang sesuai dengan mobil tersebut. Karena setiap mobil memiliki ukuran penyeka kaca yang berbeda-beda, sehingga Anda harus menyesuaikannya. 

    Menggunakan ukuran penyeka kaca yang tidak sesuai bisa mempengaruhi fungsinya. Sebelum memulai pemasangan sebaiknya bersihkan dulu bagian kaca mobil dengan lap.

    • Melepas Penyeka Kaca yang Rusak

    Cara melepas penyeka kaca mobil yang benar yaitu dengan mengangkat lengannya (rangka) secara perlahan-lahan. Kemudian cari klip pengait yang ada di bagian bawah penyeka lalu tekan bagian klip tersebut dengan hati-hati. 

    Jika klip pengaitnya sudah ditekan, coba berikan sedikit dorongan pada bagian penyeka kaca. Tapi jangan menekannya terlalu keras karena bagian tersebut cukup rawan dan mudah patah.

    Sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan lengan penyeka kaca dalam posisi terangkat. Karena bisa menimbulkan goresan dan merusak permukaan kaca mobil.

    • Memasang Penyeka Kaca Baru

    Setelah berhasil melepas wiper mobil yang rusak langkah selanjutnya adalah memasang penyeka kaca baru. Pertama, masukkan pengaitnya ke dalam lubang yang ada di lengan penyeka kaca. 

    Jangan lupa memastikan pengait tersebut terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan. Selain itu, jangan terlalu keras saat memasangnya karena bisa merusak bagian klip pengait.

    • Lakukan Uji Coba