Berita

    Simak Fungsi & Gejala Kerusakan pada Sensor ECT Mobil

    Kerja komponen mesin kendaraan sangat mempengaruhi performa dari mesin kendaraan itu sendiri. Sensor ECT merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang memiliki peran penting dalam kinerja mesin. 

    Karena itu, kita harus menjaga kondisi komponen tersebut agar kinerjanya bisa tetap stabil. Pada dasarnya, setiap komponen yang ada akan menentukan daya tahan dari kendaraan itu sendiri. Jika kondisinya prima, kendaran bisa bertahan lebih lama hingga bertahun-tahun. 

    Apa itu Sensor ECT?

    ECT sensor merupakan salah satu komponen pada mesin yang berfungsi untuk mengukur temperatur suhu pada cairan mesin pendingin. Dengan alat ini, kita dapat mengetahui berapa suhu pada cairan mesin pendingin mesin. 

    Tentunya, alat ini memiliki pengaruh yang penting untuk komponen mesin lainnya. Sebagai pengukur suhu, alat ini akan dipasang pada saluran air pendingin pada mesin. Dengan begitu, sensor ini akan lebih mudah dalam mendeteksi setiap perubahan suhu yang terjadi pada cairan tersebut di mesin kendaraan.

    Hasil pengukuran tersebut bisa langsung diketahui dengan mudah melalui lampu indikator speedometer. Indikator tersebut akan menyala saat suhu pada air pendingin terlalu panas dan melebihi batas normalnya.

    Sinyal tersebut secara otomatis akan menghidupkan kipas pada radiator. Kipas inilah yang akan membantu menstabilkan suhu cairan pendingin yang sudah terlalu panas agar tetap dalam batas normal. 

    Cara Kerja 

    Sebagai pengukur suhu pada cairan pendingin mesin, sensor ini memiliki cara kerja yang cukup simpel. Cara kerjanya menggunakan prinsip termistor, yaitu resistensi atau nilai hambatan berbanding lurus dengan perubahan temperatur mesin.

    Maksudnya, nilai hambatan akan turut berubah saat terjadi perubahan pada temperatur mesin. Ketika suhu berubah, temperatur akan bersinggungan langsung dengan salah satu resistor yang mengakibatkan perubahan resistansi. Akhirnya, terjadi perubahan potensial pada data sensor. 

    Data ini kemudian akan memberikan informasi sekaligus perintah pada indikator agar komponen lainnya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya yaitu menyalakan kipas untuk menjaga stabilitas suhu air pendingin.

    Secara singkat, fungsi dari sensor ECT ini ialah memberi sinyal pada indikator saat terjadi perubahan suhu pada cairan pendingin. Siklus ini akan terjadi secara berulang agar temperatur suhu tetap dalam batas normal. 

    Tanda ECT Sensor Mengalami Kerusakan