Berita

    Mengatasi Suara Berdecit saat Membuka Pintu Mobil

    Pernahkah Anda mengalami masalah suara berdecit membuka pintu mobil? Masalah ini mungkin terdengar sepele namun sebenarnya cukup mengganggu. Apalagi jika suaranya semakin keras dan jelas. 

    Pintu mobil secara normal tidak akan mengeluarkan suara berdecit ketika dibuka. Jika Anda mendengar ada suara berdecit, berarti ada masalah yang terjadi pada pintu mobil Anda dan sebaiknya segera diatasi. 

    Cara Mengatasi Suara Berdecit Membuka Pintu Mobil

    Tentunya solusi untuk mengatasi suara berdecit ketika Anda membuka pintu mobil harus disesuaikan dengan penyebab. Oleh sebab itu penting sekali untuk mencari tahu dulu apa penyebab suara berdecit tersebut. 

    Penyebabnya sangat beragam, mulai dari kotoran di bagian pintu, kurangnya pelumas di bagian engsel, hingga baut dan mur yang longgar. Berikut ini akan dibahas satu per satu solusi mengatasi suara berdecit tersebut sesuai penyebabnya. 

    • Bersihkan Engsel Pintu Mobil

    Hal pertama dan paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan engsel pintu mobil. Suara berdecit membuka pintu mobil bisa terjadi karena ada kotoran di bagian engsel yang menghalangi pintu membuka dan menutup. 

    Sebaiknya mulailah bersihkan engsel pintu dan pastikan tidak ada benda yang menghalangi pintu untuk membuka maupun menutup. Proses pembersihan ini perlu dilakukan secara rutin agar ke depannya tidak terjadi masalah yang sama. 

    • Lumasi Bagian Engsel

    Suara berdecit pada pintu mobil bisa terjadi karena bagian engselnya kurang pelumas. Jadi solusi berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melumasi bagian engsel tersebut agar gerakan buka tutup pintu mobil berjalan lancar dan tidak ada suara. 

    Pilihlah jenis pelumas yang tepat dan berkualitas. Gunakan pelumas secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak tapi juga jangan terlalu sedikit agar pintu mobil bisa membuka dan menutup dengan lancar tanpa suara berdecit. 

     

    melumasi engsel pintu

    • Ganti Karet Pintu

    Saat mendengar ada suara berdecit pada pintu mobil, cobalah untuk memeriksa bagian karetnya. Suara ini bisa saja muncul karena karet pintu sudah aus sehingga tidak ada bantalan untuk buka tutup pintu. 

    Jika hal ini terjadi maka Anda perlu segera mengganti karet pintu tersebut. Gantilah dengan karet pintu yang baru agar proses buka tutup pintu bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suara berdecit yang mengganggu. 

    • Kencangkan Baut dan Mur yang Longgar

    Salah satu faktor pemicu suara berdecit pada pintu mobil adalah baut dan mur yang tidak terpasang dengan tepat. Jika baut dan mur longgar maka secara otomatis fungsi pintu saat buka tutup jadi terganggu. 

    Oleh sebab itu Anda bisa memeriksa mana saja baut dan mur yang longgar. Setelah itu kencangkan semua baut dan mur tadi. Pastikan semuanya terpasang sempurna, tapi jangan terlalu kencang juga agar pintu bisa membuka dan menutup dengan lancar. 

    • Perbaiki Sistem Kunci

    Perlu diketahui bahwa suara berdecit di pintu mobil juga bisa muncul sebagai tanda adanya kerusakan pada sistem kunci. Jika ini yang terjadi maka Anda sebaiknya langsung memperbaiki sistem kunci mobil tersebut. 

    Namun sebelumnya penting sekali untuk memastikan bahwa memang kerusakan terjadi akibat sistem kunci mobil. Biasanya ini juga akan disertai kesulitan untuk membuka maupun menutup pintu menggunakan kunci yang tersedia.