Berita

    Ketahui Ini Fungsi Hidrometer & Cara Menggunakannya

    Hidrometer adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi aki pada kendaraan. Jika Anda ingin mengetahui apa itu hidrometer secara lebih dalam, Anda dapat memperolehnya melalui penjelasan-penjelasan berikut ini.

    A. Apa itu hidrometer?

    Hidrometer adalah alat untuk mengukur benda cair. Pada kendaraan, hidrometer adalah alat yang digunakan saat ingin memperkirakan berat cairan elektrolit yang terdapat di dalam aki. 

    Secara umum, pembuatan alat ini menggunakan tabung berbahan kaca atau plastik. Di dalamnya terdapat pelampung yang dilengkapi dengan skala pengukuran. Di ujung alat ini dipasang alat yang menyerupai selang kecil tempat keluar masuknya cairan dan terdapat pipet di seberangnya.

    B. Fungsi Hidrometer 

    Hidrometer ditujukan untuk menghitung berat jenis cairan yang pada aki. Lantas apa selanjutnya yang akan dilakukan?

    Berat jenis yang telah diketahui dapat membantu Anda untuk menentukan tindakan perawatan pada aki selanjutnya. Misalnya, aki harus segera diganti atau harus ditambahkan air suling.

    C. Cara Menggunakan Hidrometer

    Setelah Anda mengetahui apa itu hidrometer, ada beberapa cara yang harus dilakukan ketika ingin menggunakan hidrometer. Berikut ini adalah penjelasannya.

    • Hal yang pertama yang harus dilakukan tentunya adalah menyiapkan hidrometer. Anda harus memastikan alat tersebut bersih tanpa ada sisa-sisa penggunaan sebelumnya. 
    • Setelahnya, Anda juga harus melakukan kalibrasi pada hidrometer hingga hasil pengukuran berada pada skala 1 kg/cm3.
    • Setelah menyiapkan hidrometer, tentunya Anda harus menyiapkan juga aki kendaraan yang akan diukur. Untuk itu Anda harus melepaskan semua tutup aki.
    • Masukkan bagian ujung hidrometer yang mirip selang kecil tadi ke dalam aki yang telah terbuka penutupnya hingga saluran telah tertutup elektrolit. Tangan harus memegang hidrometer secara tegak lurus.
    • Di ujung hidrometer yang satunya terdapat pipet. Anda harus menekan pipet tersebut dan lepaskan dengan hati-hati. Ini akan menyebabkan cairan aki terambil dan mengangkat pelampung berskala di dalamnya.
    • Kemudian baca hasil ukur berdasarkan indikator yang telah ditentukan.
    • Lakukan secara berulang untuk mengukur tiap-tiap sel baterai dan catatlah hasilnya.

    D. Indikator Perhitungan Skala Hidrometer

    1. Warna merah

    Warna merah dalam hidrometer terdiri dari skala 1100 sampai 1220. Cairan yang berada pada warna ini harus diperhatikan baik-baik. Hal ini menandakan aki dalam kondisi yang tidak bagus. Ada dua jenis tindakan yang dapat dilakukan ketika pengukuran berwarna merah.