Berita

    Ketahui Fungsi Oil Cooler

    Sebagai pemilik mobil, pernahkah Anda mendengar istilah oil cooler? Jika Anda menggap ini sama dengan oli mobil pada umumnya, nampaknya Anda harus membaca artikel ini hingga selesai. 

    Apa itu Oil Cooler?

    Sistem pendingin pada sebuah mobil merupakan sistem yang sangat penting yang mempengaruhi performa serta daya tahan dan berpengaruh pula pada umur panjang dari setiap kendaraan.

    Sederhananya, selama mesin mobil bekerja, bahan bakar dibakar dan otomatis akan menghasilkan sejumlah besar panas. Sebagian panas akan dibawa keluar oleh sistem pembuangan ke lingkungan luar sebagai asap kendaraan atau asap knalpot misalnya.

    Namun masih ada sebagian panas yang diserap kembali ke dalam mesin, menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Saat ini, kehadiran sistem pendingin mobil digunakan untuk menjaga suhu yang tepat untuk membantu mesin bekerja secara stabil dan efisien. 

    Jika tidak ada sistem pendingin, bagian-bagian mesin pada mobil akan mengalami banyak masalah serius seperti panas berlebih. Pada akhirnya ini akan menyebabkan gesekan yang hebat, oli kehilangan efek pelumasannya, piston macet, atau yang lebih parah menyebabkan kerusakan detail di dalam mesin.

    Sistem pendingin pada mobil dianggap sebagai salah satu komponen yang paling kompleks, terdiri dari banyak bagian yang saling berhubungan. Ada dua sistem pendingin utama yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin air. Nah, salah satu jenis sistem pendingin adalah oil cooler atau oli pendingin. 

    Cara Kerja Oil Cooler

    Sama seperti namanya, oli ini memang berguna untuk mendinginkan mobil khususnya mendinginkan oli mobil. Yang unik dari cara kerja oli pendingin adalah letak oli ini menjadi satu dengan oli mesin. ini sangat berbeda dengan sistem pendingin radiator yang terpisah dan memiliki jalur sendiri dari oli mesin. Radiator juga terkenal memiliki cairan coolant sendiri.

    Jika Anda ingin mengganti oli pendingin ini, caranya juga cukup mudah Anda tinggal mengganti oli mesin saja. Dibandingkan jika Anda melakukan perawatan terpisah pada pendingin radiator karena cairan coolant-nya harus dibersihkan dan dikuras secara berkala dan terpisah. 

    Daftar Kegunaan Oil Cooler untuk Mobil

    • Untuk Mendinginkan Mesin dengan Menyerap Panasnya