Berita

    Ketahui Alat Pendingin Mesin Mobil, Cara Kerja dan Perawatannya

    Risiko overheat pada kendaraan mobil tentu pasti ada dan hal tersebut dapat diatasi oleh alat pendingin mesin mobil. Bagi Anda yang berusaha untuk mencegah terjadi overheat, wajib mengetahui cara kerja alat satu ini. Selain itu, Anda juga harus paham cara merawatnya.

    Tujuan dari mengetahui berbagai cara kerja dan merawat suatu komponen mesin mobil adalah agar mesin dan mobil Anda dapat bekerja lebih optimal serta stabil. Maka dari itu, Anda wajib menyimak pembahasan di bawah ini!

    Pengertian dan Cara Kerja Alat Pendingin Mesin Mobil

    Sama seperti namanya, alat pendingin kendaraan mobil adalah komponen yang bertugas untuk menstabilkan suhu mesin mobil agar tetap stabil. Karena di dalam mesin mobil, suhu harus dijaga agar tetap pada temperatur yang stabil agar tidak terjadi overheat dan merusak komponen mesin lainnya.

    Anda juga perlu tahu cara kerja alat pendingin mesin, yang mana tergantung dari berbagai komponen yang ada di dalamnya. Berikut ini 5 komponen alat pendingin mesin yang wajib Anda ketahui sekaligus cara kerjanya:

            1. Radiator

    Komponen pertama adalah tentu radiator, yang menjadi komponen utama di dalam mesin pendingin mobil. Radiator ini terdiri dari pipa dan bak penampungan air untuk mendinginkan mesin mobil. Cara kerjanya, nanti pipa akan dialirkan air pendingin yang berfungsi menyerap panas dari mesin kendaraan.

            2. Kipas Radiator

    Kedua ada kipas radiator sebagai komponen yang tidak kalah pentingnya dari alat pendingin mesin. Kipas ini terdiri dari dua bagian, yaitu yang pertama adalah memberikan udara pada radiator. Sedangkan kipas bagian kedua, yaitu fan radiator yang berfungsi mengendalikan tali kipas.

            3. Tutup Radiator

    Komponen ketiga adalah tutup radiator atau cap radiator yang berfungsi untuk menjaga titik didih air agar tidak mudah naik. Alias menjaga kestabilan tekanan pada radiator alat pendingin mesin kendaraan Anda.

            4. Pompa Air

    Selanjutnya ada pompa air yang berfungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara dari tangki ke radiator mesin mobil Anda. Cara kerja pompa satu ini adalah membuat air radiator masuk ke dalam pipa-pipa dan mendinginkan mesin kendaraan.

            5. Termostat

    Terakhir adalah thermostat yang mengatur sirkulasi air pada alat pendingin mesin mobil. Komponen thermostat ini ada dua jenis, yaitu katup by pass dan tanpa katup. Sehingga dapat disimpulkan dari berbagai komponen alat pendingin mesin bahwa cara kerjanya diatur oleh komponen-komponen di atas.