Berita

    Ketahui Jenis Oli Pada Mobil

    Seperti yang Anda ketahui, oli termasuk cairan penting pada mobil yang harus diganti secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah komponen mesin berkarat atau mesin rusak. 

    Ketika membahas mengenai jenis oli mobil, mungkin Anda hanya terpikir oli mesin. Faktanya ada banyak macam oli mobil lain yang harus diganti secara rutin juga.

    Jenis-jenis Oli Mobil

    Sebagai komponen penting, Anda perlu mengetahui jenis oli pada mobil. Ada berapa macam macam oli mobil? Berikut penjelasannya.

    • Oli Mesin

    Yang pertama ada oli mesin yang biasa Anda ganti. Oli ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam melumasi komponen mesin. Maka dari itu, Anda jangan sampai tidak mengganti oli ini dalam jangka waktu lama. 

    Adapun aturan penggantian oli mesin mobil yang dianjurkan adalah setiap mobil sudah mencapai jarak 5 ribu KM sampai 10 ribu KM. Anda bisa menandainya dengan selalu mengecek speedometer. Jika Anda lupa, maka Anda bisa rutin mengganti oli tiap 6 bulan sekali.

    Jenis oli mesin mobil bensin sendiri ada 3 jenis yang bisa Anda pilih yaitu oli mineral, semi sintetik dan full sintetik. Oli mineral adalah oli murni dari minyak bumi yang aman untuk mobil. 

    Oli semi sintetik merupakan campuran antara oli mineral dan sintetik. Sedangkan oli sintetik adalah oli yang full murni sintetik yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

    • Oli Gardan

    Jenis oli mobil berikutnya ada oli gardan yang memiliki fungsi tak kalah penting dari oli mesin. Fungsi oli ini untuk melumasi roda gardan dan gear. Aturan mengganti oli gardan yang disarankan yaitu setiap 10 ribu sampai 20 ribu KM. 

    Selain itu, salah satu tanda jika oli gardan perlu diganti yaitu ketika mobil mulai mengeluarkan suara dengung atau berisik.

    • Oli Transmisi

    Seperti namanya, oli mobil ini memiliki fungsi penting dalam melumasi transmisi mobil. Oli ini juga dibedakan lagi menjadi 2 macam yaitu jenis oli transmisi manual dan oli transmisi matic

    Baik mobil jenis manual maupun mobil matic keduanya membutuhkan oli transmisi. Dengan mengganti oli ini secara rutin maka pergantian gigi mobil akan selalu halus dan lancar. 

    Adapun aturan penggantian oli transmisi manual yang dianjurkan adalah setiap 10 ribu KM. Sedangkan Anda perlu mengganti jenis oli transmisi matic setiap 20 ribu KM. 

    • Oli Power Steering