Berita

    Fungsi Washer Mobil: Komponen & Cara Kerjanya

    Washer mobil adalah bagian yang cukup penting untuk menjaga kebersihan pada bagian sparepart mobil. Tentu benda satu ini memiliki fungsi yang berperan penting agar mobil tetap terawat dengan baik.

    Washer sendiri memiliki beberapa bagian komponen serta cara kerja yang perlu diketahui dalam perawatan otomotif seperti mobil. Berikut informasi selengkap tentang washer pada mobil yang wajib Anda ketahui!

    Fungsi Washer Mobil

    Salah satu fungsi washer ialah digunakan untuk mengurangi beban kerja pada wiper. Dimana wiper ini bertugas untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil di depan dan di belakang. Sistem washer ini digunakan untuk menyemprotkan cairan pembersih ke kaca mobil untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan.

    Komponen Washer Mobil

    Washer memiliki beberapa bagian komponen untuk membersihkan kaca mobil dengan cairan pembersih. Berikut setidaknya terdapat 5 komponen washer pada mobil yang wajib Anda ketahui!

            1. Washer Tank

    Komponen yang pertama adalah washer tank atau disebut tangki washer. Komponen ini berfungsi untuk menampung fluida pada pembersih kaca kendaraan. Bentuk dari alat ini pun bermacam-macam tergantung pada bentuk dudukan mobil.

            2. Motor Washer

    Motor washer berfungsi untuk menggerakkan pompa untuk memberikan dorongan pada fluida pembersih kaca kendaraan di dalam washer tank. Motor washer terdiri dari 2 jenis yaitu wound motor yang menggunakan kumparan tunggal untuk menghasilkan elektromagnetik. Kemudian jenis ferrite magnet untuk menghasilkan medan magnet.

            3. Nozzle

    Nozzle atau lubang penyemprot adalah komponen washer pada mobil yang memiliki fungsi menyemprotkan fluida pembersih kaca pada kendaraan. Komponen ini terbuat dari resin dengan lubang di bagian ujung. 

    Adapun ukuran lubang nozzle memiliki diameter sekitar 0,8–1,0 mm. Lubang-lubang ini biasanya ada yang permanen tetapi terdapat juga yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

            4. Selang

    Komponen selanjutnya adalah hose atau selang yang memiliki fungsi sebagai penghubung pompa pada washer tank dengan nozzle. Dengan adanya komponen ini, fluida dapat tersalurkan ke lubang nozzle dari washer tank untuk disemprotkan ke bagian kaca mobil di depan dan belakang.

            5. Cairan Pembersih Kaca